Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga Untuk Diet

Mempunyai bentuk tubuh yang bagus adalah dambaan semua orang. Baik laki-laki maupun perempuan sangat menginginkan bentuk tubuh yang bagus alias langsing. Namun, banyak orang mempunyai pola makan yang salah sehingga membuat tubuh mereka menjadi gemuk. Selain itu, kebiasaan yang suka ngemil dan sulit untuk menghilangkannya membuat berat badan tak mau turun, malah yang didapat tubuh semakin gemuk apalagi jarang dibarengi dengan olahraga. Untuk yang tak punya cukup waktu, lihat juga tips cara diet tanpa olahraga ini.

Melakukan program diet adalah solusi tepat untuk melangsingkan berat tubuh. Namun, seringkali orang gagal dalam menjalankan program diet. Beragam alasan yang membuat program diet menjadi gagal. Salah satu diantaranya adalah sulit mngatur dan menjaga pola makan. Banyak yang berpendapat bahwa diet sama halnya tidak boleh makan.

Anggapan itu salah. Kita tetap dapat menjalankan diet namun juga tidak mengurangi pola makan. Kita bisa menggantinya dengan berolahraga setiap hari. Diet dengan berolahraga yang baik sangat ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat karena dapat membakar lemak dalam tubuh dan membentuk badan menjadi lebih langsing dan singset.

Olahraga untuk diet
Ada banyak macam olahraga untuk diet yang bisa kita terapkan

Ada banyak jenis olahraga ringan yang dapat kita lakukan untuk menguruskan berat tubuh kita serta dapat membentuk badan menjadi lebih indah. Bagaimana cara menurunkan berat badan dengan olahraga? cara diet dengan olahraga dibawah ini walau keliatannya ringan tetapi sangat baik dan cocok untuk menguruskan badan. Berikut beberapa macam jenis olahraga yang dapat kita coba di rumah.

Olahraga Menurunkan Berat Badan di Rumah

1. Senam Aerobik
Wah sepertinya senam aerobic ini adalah jenis olahraga yang sangat disukai oleh para wanita. Senam aerobic biasa dilakukan secara berkelompok seperti yang biasa kita jumpai. Atau anda bisa melakukan senam aerobic sendiri di rumah. Saat anda melakukan senam aerobic selama 45 menit ini berarti anda telah membakar kalori sebesar 680 kalori. Selain dapat menurunkan berat badan, olahraga senam aerobic juga dapat membentuk bokong dan perut kita menjadi lebih rata. Senam aerobic juga dapat menghilangkan selulit yang biasanya muncul pada paha.

2. Bersepeda
Ini merupakan kabar gembira bagi anda yang merupakan penggemar sepeda. Ternyata olahraga gowes juga dapat menurunkan berat badan. Ketika kita mengayuh sepeda selama 1 jam berarti kita telah membakar 1000 kalori dalam tubuh.

3. Berenang
Selain menyenangkan dan dapat menghilangkan stress berenang juga dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Olahraga renang merupakan salah satu jenis olahraga favorit bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Berenang selama 1 jam sama halnya dengan membakar kalori sebesar 720 kalori bagi wanita dan sebesar 840 bagi pria.

Berenang memang tidak menimbulkan munculnya keringat. Namun ketika berada di dalam air, kita memerlukan banyak tenaga untuk bergerak. Jadi jangan heran jika kita akan kelelahan setelah berenang.

4. Jogging (Berlari Santai)
Ini merupakan jenis olahraga yang paling banyak digemari oleh banyak orang. Selain dapat menurunkan berat tubuh, olahraga lari juga dapat melancarkan datang bulan bagi para kaum wanita. Lari yang baik dilakukan pada pagi hari, karena selain berlari anda juga akan menghirup udara segar yang dapat menyehatkan paru-paru anda. Namun juga banyak yang menyarankan agar berlari pada sore hari karena dapat membakar lemak yang telah dikonsumsi sebelumnya. Jika anda berlari selama 1 jam ini berarti anda telah membakar kalori sebesar 748 kalori.

5. Lompat Tali

Olahraga menurunkan berat badan di rumah
Skipping, olahraga sederhana tapi cocok untuk menurunkan berat badan di rumah

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga sederhana yang praktis untuk dilakukan namun jenis olahraga ini ampuh untuk menurunkan berat badan di rumah dengan cepat. Olahraga ini memang terlihat mudah dan ringan untuk dilakukan. Namun, ternyata lompat tali dapat membakar kalori sebesar 850 kalori jika anda melakukannya selama 1 jam. Bahkan hanya dengan melakukan lompat tali selama minimal 10 menit perhari ini sudah dapat membakar lemak dalam tubuh anda. Lompat tali memerlukan seluruh otot dalam tubuh untuk ikut bergerak, hal inilah yang dapat membakar kalori dengan sebegitu besar.

6. Dance (Menari)
Dance juga termasuk jenis olahraga yang dapat menurunkan berat badan. Karena ketika anda menari hamper semua bagian tubuh anda ikut bergerak dan menari juga membuat tubuh anda cepat lelah dan mengeluarkan keringat. Hal inilah yang membuat dance dapat membakar banyak kalori. Saat ini sudah banyak jenis dance yang ciptakan. Namun jika anda bosan dengan gerakan dance yang sudah ada anda dapat menciptakan gerakan dance yang anda inginkan dengan jenis music pilihan anda sendiri. Hal inilah yang membuat artis korea memiliki bentuk tubuh yang indah karena mereka sanga suka menari.

7. Push Up
Sudah bukan rahasia lagi jika push up dapat menurunkan berat badan secara cepat. selain itu kekuatan fisik juga akan tetap terjaga.

8. Jalan kaki
Siapa bilang kalau berjalan kaki bukan merupakan suatu bentuk olahraga. Olahraga paling simpel ini tidak memerlukan banyak tenaga. Olahraga ini juga fleksibel. Dapat anda lakukan dimana saja, kapan saja, dan sambil melakukan apa saja. Selain itu anda juga tak memerlukan biaya untuk melakukan olahraga ini. Kecuali jika anda berjalan kaki di mall dan ingin beli ini itu, baru bayar hehe..

Nah itulah tadi ragam jenis olahraga untuk menurunkan berat badan kita dengan cepat yang bisa kita praktekkan di rumah. Selain berolahraga, juga harus menjaga pola makan anda serta menghindari makanan yang berlemak. Serta disarankan agar tips diet dengan olahraga ini dibarengi dengan banyak minum air putih, agar hasilnya maksimal.