Menu Makanan Untuk Diet Sehat

Menu Makanan Diet

Program menurunkan berat badan atau biasa disebut diet seringkali dilakukan oleh remaja. Banyak remaja memilih melakukan diet karena merasa gemuk. Sayangnya, beberapa masih tidak benar-benar memahami konsep diet. Banyak yang memilih untuk makan hanya sekali dalam sehari agar berat badan segera turun. Tak jarang pula yang sengaja ‘menyiksa diri’ dengan hanya mengkonsumsi menu makanan dalam porsi sangat kecil dan hanya sekali saja. Pola diet seperti ini justru tidak sehat dan bisa memicu penyakit dalam tubuh.

Diet bisa memberikan hasil yang baik apabila dilakukan dengan benar. Menu makanan selama berdiet harus yang memiliki cukup gizi serta nutrisi. Pentingnya nutrisi yang lengkap dalam menu diet adalah untuk menghindari malnutrisi. Berbagai makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat tinggi, lemak baik, vitamin, dan mineral adalah makanan wajib selama berdiet. Untuk lebih lengkapnya, cek disini daftar jenis makanan untuk diet yang sehat.

Menu makanan untuk diet
menu makanan diet yang sehat

Sedangkan menu makanan yang harus dihindari adalah makanan cepat saji dan makanan dalam bentuk kemasan yang memiliki bahan pengawet. Pasalnya, kedua jenis makanan tersebut berkalori tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh menu makanan diet sehat yang bisa menjadi rekomendasi.

Menu Makanan Sehat Untuk Diet

Menu Sarapan

Ketika menjalani diet, jangan pernah melewatkan sarapan. Banyak yang beranggapan sarapan bukanlah waktu yang tepat untuk makan. Padahal, sarapan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena tubuh mendapatkan energi dari makanan yang ada pada menu sarapan. Energi ini lah yang akan digunakan untuk aktivitas kita sehari-hari. Sarapan yang rutin dan berisi makanan sehat bisa memperlancar proses metabolisme tubuh.

Contoh menu sarapan ketika melakukan diet adalah selembar roti gandum, susu rendah lemak, dan satu buah pisang. Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membuat kita terus merasa kenyang. Menu sarapan ini tidak memerlukan acara masak-memasak di pagi hari.

Menu makanan sehat untuk diet
Menu diet untuk sarapan pagi

Menu sarapan lain yang bisa dicoba adalah oatmeal. Jenis makanan yang satu ini memang sudah menjadi kewajiban bagi siapa saja yang sedang berdiet. Bagi yang tidak terbiasa makan oatmeal, makanan ini akan terasa membosankan di lidah. Cara mengakalinya adalah dengan menambahkan buah kesukaan kita, seperti pisang dan berbagai macam beri. Kismis yang dimasak dengan mentega juga bisa dijadikan topping oatmeal. Selain itu, kacang almond pun juga bisa membuat oatmeal terasa enak.

Sarapan dengan nasi juga bisa menjadi pilihan ketika berdiet. Masaklah nasi merah yang kaya akan kerbohidrat kompleks. Sebagai pendamping nasi merah, buatlah tumis sayur bayam, kangkung, atau sawi. Satu porsi sarapan dengan menu ini sebaiknya hanya semangkuk nasi merah dan tumis secukupnya.

Menu Makan Siang

Meskipun berdiet, makan siang adalah kewajiban! Makan siang bisa menambah asupan nutrisi serta energi untuk tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan tenaga maupun nutrisi, terutama jika masih banyak aktivitas yang harus dilakukan selama siang hingga sore hari. Menu makan siang yang bagus adalah kentang rebus dengan olahan ayam dan sayur. Dada ayam bisa menjadi pilihan karena bagian ini tidak mengandung banyak lemak, asalkan buang bagian kulitnya.

Untuk daging ayam, sebaiknya dimasak dengan direbus atau dipanggang agar tidak mengandung terlalu banyak lemak. Jika ingin mengolahnya dengan sayur, bayam bisa menjadi pilihan yang baik. Olah kedua bahan makanan tersebut dan bumbui dengan garam, lada, bawang putih, serta potongan-potongan cabai jika suka rasa pedas.

Menu makanan diet sehat
Menu diet untuk makan siang

Olahan kedelai juga bisa menjadi menu makan siang yang baik saat menjalani diet. Kedelai dan kacang-kacangan mengandung protein tinggi sehingga sangat baik untuk penyeimbang gizi ketika berdiet. Tahu adalah salah satu makanan berbahan kedelai yang cukup mudah diolah bersama bahan makanan lain. Contoh menu makan siang dengan tahu adalah sup. Untuk memperkaya rasa sup tahu, campurkan jamur dan sayuran seperti wortel ke dalam sup.

Menu Makan Malam

Berbeda dengan dua waktu makan sebelumnya, makan malam harus dalam porsi sedikit serta tidak mengandung kalori tinggi. Terlalu banyak porsi makan malam bisa mengendap menjadi lemak tubuh lantaran makanan tidak diganti menjadi energi. Menu makan malam yang sehat adalah telur rebus dan teh hijau. Minuman ini sangat baik dikonsumsi ketika melakukan diet.

Itulah contoh menu makanan diet sehat yang bisa Anda coba praktekkan. Selama melakukan diet sehat, pastikan konsumsi air putih tidak kurang dari delapan gelas per hari. Air putih sangat penting bagi tubuh karena bisa menghidrasi tubuh serta melancarkan proses pencernaan. Agar program penurunan berat badan bisa berhasil, kurangi makanan yang digoreng karena mengandung lemak terlalu banyak. Jika ingin mengkonsumsi makanan goreng, gunakan minyak zaitun yang kadar lemaknya tidak tinggi.