Mengecilkan Perut Buncit

Bagaimana Mengecilkan Perut Buncit Pada Pria & Wanita

Perut adalah bagian tubuh yang otot-ototnya sangat jarang digerakkan. Timbunan lemak dan kalori yang ada pada perut pun tidak mudah terbakar karena minimnya gerakan otot. Alhasil, perut menjadi buncit. Ya, kondisi perut yang membuncit telah menjadi masalah utama bagi banyak orang baik pria maupun wanita. Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi perut buncit ini? Apakah perlu untuk melakukan diet perut buncit?

Tips paling efektif dalam mengecilkan perut buncit sebenarnya memang harus ditunjang dengan olahraga yang rutin. Olahraga yang akan memberikan hasil maksimal tentunya olahraga khusus perut dimana otot-otot perut tidak hanya dilatih tetapi juga dibentuk massanya. Tetapi, kesibukan biasanya menjadi penghalang ketika akan melakukan olahraga. Tanpa ada komitmen yang kuat dalam berolahraga, seringkali seseorang akan berhenti latihan bahkan sebelum mendapat hasilnya.
Mengurangi perut buncit

Mengurangi & Mengecilkan Perut Buncit

Sebetulnya, ada cara mengecilkan perut buncit tanpa melalui olahraga khusus perut. Tidak hanya mengecilkan, cara-cara berikut ini juga dapat menjadi strategi agar perut tidak menjadi buncit lagi. Salah satu penyebab utama perut buncit adalah kecanduan memakan camilan yang berlemak atau mengandung gula. Camilan seperti gorengan, kue, coklat, dan es krim adalah makanan-makanan yang sebaiknya segera dihindari. Makanan-makanan dengan lemak dan gula tinggi dapat memicu timbunan lemak dan kalori di bagian perut. Jika tubuh tidak melakukan banyak aktivitas setelah mengkonsumsi camilan, maka kalori dan lemak yang dihasilkan camilan tidak akan terbakar sama sekali.

Meningkatkan aktivitas tubuh sangatlah penting untuk menjaga agar perut terhindar dari timbunan lemak. Jika tidak bisa berolahraga secara rutin, manfaatkan kegiatan sehari-hari sebagai ganti olahraga. Mulailah memperbanyak waktu untuk berjalan kaki. Jika tempat kerja atau kuliah dekat dari rumah, daripada mengendarai kendaraan, akan lebih menyehatkan jika berjalan kaki. Awali dengan pulang-pergi berjalan kaki satu kali seminggu, lalu tingkatkan menjadi dua kali seminggu. Ketika berada di kantor, manfaatkan tangga untuk naik atau turun ke lantai atas/bawah. Kalori dan lemak akan lebih banyak terbakar ketika naik/turun tangga daripada menggunakan lift atau elevator. Cara-cara itu bisa menjadi olahraga yang baik diantara rutinitas sehari-hari yang lebih sering digunakan untuk duduk.

Mengecilkan perut buncit pria dan wanita
aktifitas sederhana dengan jalan kaki bisa untuk membantu mengecilkan dan mengurangi perut buncit & berlemak

Timbunan lemak dan kalori pada perut bisa diminimalisir dengan mengurangi porsi makan. Patut diperhatikan bahwa mengurangi porsi makan tidak sama dengan menghindari makanan. Makan tiga kali sehari masih diwajibkan, hanya saja porsinya tidak perlu berlebihan. Di pagi hari, makanlah makanan yang mengandung karbohidrat agar mendapatkan asupan energi yang cukup. Di siang hari, jangan sampai tidak makan siang. Ketika melewati makan siang, porsi makan malam biasanya akan lebih banyak. Inilah yang bisa membuat kalori dalam tubuh tidak seimbang. Jadi, tetap konsumsi makan siang yang sehat dan tidak mengandung banyak minyak dan lemak.

Di malam hari, pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sehingga tidak banyak kalori yang menumpuk pada tubuh. Makanan seperti sayur hijau, kacang, atau kentang sangat baik untuk makan malam. Jarangnya aktivitas di malam hari membuat kalori makan malam bertumpuk dalam tubuh. Oleh sebab itu, gantilah menjadi makanan yang tinggi serat. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein juga sangat baik bagi tubuh. Makanan-makanan yang tinggi protein contohnya telur, daging tanpa lemak, ikan, biji-bijian, dan susu rendah lemak.

Dari segi minuman juga ada beberapa jenis minuman yang harus dihindari jika tidak ingin perut makin buncit dan membesar. Minuman yang mengandung gula serta minuman beralkohol adalah jenis minuman yang sebaiknya tidak terlalu sering dikonsumsi. Soda adalah minuman yang kandungan gulanya sangat tinggi. Selain bisa menambah kadar gula dalam tubuh, soda juga tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya gantilah minuman-minuman tersebut dengan jus buah, sari kedelai, atau susu less-sugar. Jus buah sangat baik dikonsumsi di sela-sela waktu antara makan pagi dan makan siang. Jus buah yang murni, tanpa susu dan gula, bisa membantu memperlancar metabolisme tubuh.

Pola makan yang baik akan membuat tubuh sehat serta mengusir lemak dalam tubuh. Cara-cara dan pola hidup diatas tidak hanya bisa mengecilkan perut buncit saja, tetapi juga bisa menjaga kesehatan kita secara umum lho!