Makanan Untuk Diet

Makanan Untuk Diet Cepat

Diet sebenarnya bukan hanya untuk menurunkan berat badan agar tubuh terlihat kurus, melainkan juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Menu makanan untuk diet yang baik untuk dikonsumsi ketika melangsingkan tubuh adalah makanan dan minuman sehat yang alami. Ditambah dengan olahraga yang rutin, diet akan memberikan hasil yang signifikan pada tubuh. Ketika tubuh diajak berolahraga, asupan nutrisi dan energi harus seimbang agar tubuh tidak gampang kelelahan.

Hindari makanan-makanan pantangan diet yang akan membuat program diet kita gagal. Dan sebaliknya, kita harus tahu persis jenis menu apa saja yang bagus sebagai makanan pelangsing tubuh yang sehat. Lantas, apa saja daftar makanan untuk diet cepat dan alami yang cocok dikonsumsi?
Makanan untuk diet cepat

Makanan Untuk Diet Sehat

Sayuran
Sayur mayur adalah makanan sehat yang mengandung serat tinggi. Itulah sebabnya sayur sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang melakukan diet. Tak hanya berserat tinggi, sayur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Nilai tambah dari sayuran adalah tidak adanya kandungan lemak di dalamnya. Berbagai macam sayuran hijau sangat baik bagi tubuh, contohnya bayam. Bayam memiliki kandungan nutrisi dan vitamin dan juga berfungsi mengecilkan perut.

Brokoli juga bisa menjadi pilihan ketika melakukan diet. Sayur hijau ini bisa melepas lemak jenuh sekaligus menjadi pengganti makanan karbohidrat. Jika ingin memiliki berat badan seimbang, tomat sebaiknya dimasukkan ke dalam menu diet sehat. Tingginya serat pada tomat diimbangi dengan sedikitnya kalori sehingga tomat tidak akan membuat timbunan lemak dalam tubuh. Tak hanya membuat berat badan ideal, tomatjuga mengandung likopen yang mampu melawan berbagai macam penyakit.

Makanan untuk diet sehat
sayuran alami sebagai makanan untuk diet yang menyehatkan

Oatmeal
Meskipun bukan makanan khas Indonesia, oatmeal sudah dikenal luas oleh masyarakat negara kita ini. Oatmeal memang memiliki kandungan serat yang tinggi serta dapat menyerap lemak dalam tubuh. Oleh karena itu oatmeal selalu ada dalam menu diet. Cara mengkonsumsi oatmeal bisa dicampur dengan susu, buah, atau sayur, tergantung selera. Agar tidak meningkatkan berat badan, gunakan susu rendah lemak dan hindari mencampurkan gula terlalu banyak ke oatmeal.

Kacang dan Biji-bijian
Kacang yang baik dikonsumsi adalah kacang yang tidak digoreng. Ketika diet, kacang adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi karena berbagai kacang dapat menjadi pembantu dalam menurunkan berat badan. Di sela-sela waktu makan, kacang bisa menjadi camilan asal dikonsumsi dalam porsi yang tidak terlalu banyak.

Cara mengkonsumsi kacang yang baik adalah tanpa tambahan gula dan garam. Contoh kacang yang baik untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk diet adalah kacang almond, kacang kenari, kastanye, dan buncis. Ada pula kacang pinus yang memang berasal dari pohon pinus. Kacang ini bisa menekan nafsu makan. Mengkonsumsi segenggam kacang pinus dalam satu hari akan membuat perut tetap kenyang sehingga porsi makan tidak akan banyak.

Buah-Buahan
Buah tentu menjadi makanan wajib selama berdiet. Tidak adanya kandungan lemak pada buah menjadikan makanan yang satu ini menjadi makanan favorit penurun berat badan. Tingginya serat, mineral, dan berbagai vitamin dalam buah-buahan dapat membantu kelancaran pencernaan serta menjaga kesehatan tubuh. Buah bisa dikonsumsi secara langsung atau dalam bentuk jus. Yang patut dicatat ketika membuat jus buah adalah tidak mencampurnya dengan susu atau gula sehingga jus tidak mengandung kalori tinggi.

Daftar makanan untuk diet
jenis buah-buahan segar tertentu juga masuk dalam daftar makanan untuk diet dalam melangsingkan tubuh dengan cepat

Ikan
Kandungan lemak sehat, protein, dan omega-3 dalam ikan sangat baik bagi seseorang yang ingin melakukan diet. Jadi, jangan heran jika harus mengkonsumsi ikan selama berdiet. Untuk meningkatkan khasiat ikan, cara memasak yang baik adalah merebus, memanggang, atau mengukusnya. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak biasa atau mentega agar tidak ada kandungan lemak berlebih pada ikan. Ikan salmon adalah ikan yang baik untuk dikonsumsi selama diet.

Daging
Diet bukan berarti tidak makan daging sama sekali. Tubuh membutuhkan sumber protein dari daging sehingga makanan ini masih harus dikonsumsi selama diet. Hanya saja, daging yang baik dikonsumsi adalah daging tanpa lemak. Cara memasaknya juga sebaiknya tidak digoreng atau dimasak dengan mentega agar tidak menambah kandungan lemak jahat pada daging itu sendiri.

Selain daging sapi, dada ayam juga menjadi kunci keberhasilan diet. Dada ayam memiliki protein tinggi namun rendah lemak. Jika ingin menrunkan berat badan, cukup konsumsi daging dari dada ayam, tidak perlu kulitnya karena banyak timbunan lemak pada kulit ayam. Dada ayam sangat baik dikonsumsi dengan cara direbus atau dipanggang.

Dari daftar makanan untuk diet cepat diatas, yang manakah yang paling Anda sukai? Dengan selalu menyantap jenis makanan sehat untuk diet ini secara rutin, maka program dalam melangsingkan dan menurunkan berat dan bobot tubuh kita akan cepat menunjukkan hasil.