Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan Saat Menyusui

Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Melahirkan merupakan sebuah kodrat yang harus dialami oleh kaum wanita. Melahirkan dan memiliki anak merupakan sebuah proses yang sangat di tunggu-tunggu oleh para wanita di dunia ini. Setelah bersalin, tubuh para perempuan akan banyak mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang paling mencolok adalah ukuran dan bentuk badan serta bobot tubuh yang bertambah.

Sebelum melahirkan, bentuknya tubuhnya ramping dan indah. Namun, yang terjadi setelah melahirkan, tubuh berubah menjadi lebih berisi dan melebar. Apalagi jika pasca melahirkan, kita tidak menjaga pola makan serta jarang melakukan aktifitas fisik. Maka, jangan harap bentuk badan kita dapat kembali menjadi langsing seperti saat sebelum proses persalinan.

Tetapi, tak perlu terlalu risau, pada artikel kali ini kita akan bagikan beberapa tips untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan ataupun di saat menyusui. Nah, bagaimana cara diet untuk menguruskan dan melangsingkan bobot tubuh setelah melahirkan normal maupun sesar / caesar? Berikut ini ulasan singkatnya.

Diet setelah melahirkan
Bagaimana cara langsing dan tips diet setelah melahirkan sambil menyusui?

Diet Setelah Melahirkan

1. Menyusui
Menyusui merupakan salah satu aktifitas yang dapat menurunkan berat badan sehabis melahirkan. Karena pada saat menyusui tubuh mengeluarkan kalori sebesar 200 sampai 500 kalori perhari. Ini sama dengan anda melakukan renang selama satu jam atau sama dengan bersepeda selama satu jam. Nah dengan menyusui setiap hari ini sama hanya melakukan diet juga. Selan itu dengan menyusui bukan hanya anda saja yang mendapat manfaatnya namun juga bayi kita. Jadi jangan ragu untuk menyusui ya ladies.

2. Olahraga Secara Teratur
Jangan di kira bahwa wanita dilarang berolahraga pasca melahirkan. Olahraga sangat diperlukan untuk mengembalikan tubuh ke bentuk semula. Tak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat seperti push-up sit-up atau olahraga lain semacamnya. Kita dapat melakukan olahraga ringan seperti mengajak si baby untuk berjalan-jalan disekitar kompleks rumah anda. Mencuci baju secara manual tanpa menggunakan mesin cuci juga termasuk berolahraga ringan. Jadi jangan malas untuk melakukan aktifitas fisik ya ladies jika kalian ingin berat badan kalian turun sesudah melahirkan.

3. Mengatur Pola Makan
Mengatur pola makan juga sangat penting dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan. Pola makan yang salah dapat membuat berat badan naik dengan cepat. Lakukan makan 3 kali sehari. Jangan biasakan telat makan. Karena ketika anda telat makan maka yang terjadi adalah anda akan makan dalam porsi besar. Nah hal inilah yang membuat berat badan anda sulit turun. Selain itu hindari makanan yang banyak mengandung gula. Makanan manis malah akan membuat berat badan naik dengan cepat.

4. Tidur Yang Cukup
Sebuah studi menunjukkan bahwa ibu yang mengalami kurang tidur cenderung sulit untuk menurunkan berat badan mereka. Sebaiknya ibu yang menyusui disarankan untuk tidur minimal 8 jam perhari. jadi jika anda ingin berat badan anda turun maka jangan sampai kurang tidur ya ladies.

5. Mengkonsumsi banyak Air Putih
Air putih memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran jika kita disarankan untuk minum air putih 8 gelas setiap harinya. Tak hanya berfungsi untuk menjaga kesehatan juga. Namun air putih juga dapat melangsingkan berat badan termasuk disaat sedang menyusui. Terlebih jika kita meminum segelas air putih sebelum makan. Hal ini karena rasa lapar menjadi berkurang akibat segelas air putih yang kita minum tadi. Jadi ketika kita sudah agak merasa agak kenyang maka kita tidak akan makan dalam porsi banyak. Tentu ini akan sangat membantu mengurangi berat badan kita.

6. Banyak Konsumsi Makanan Berserat
Mengkonsumsi makanan berserat juga sangat penting bagi mereka yang sedang melakukan program diet pasca melahirkan. Mengkonsumsi makanan berserat akan membuat kita lebih awet kenyang. Jika kita kenyang, tentu kita tidak akan sering-sering makan bukan? Contoh makanan berserat antara lain sayur-mayur, kacang-kacangan, bji-bijian seperti beras merah gandum, dll.

7. Hindari Makanan Berlemak
Sudah bukan rahasia lagi jika makanan berlemak merupakan salah satu hal yang dapat membuat berat badan cepat naik. Jadi, sebisa mungkin untuk mengurangi jumlah konsumsi makanan tersebut sebagai upaya untuk menguruskan bobot tubuh setelah lahiran. Beberapa contoh makanan berlemak antara lain kulit ayam, gorengan, jeroan dll.

Nah itulah tadi ladies beberapa tips diet dan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan anak dan saat menyusui. Lakukan tips-tips di atas agar bobot tubuh cepat turun ya. Selamat mencoba dan semoga cepat berhasil dalam melangsingkan kembali tubuhnya.